Pages

30 Juni 2012

Bentuk kegiatan kebersamaan bareng keluarga.



1. Sediakan waktu bermain dan bercanda bersama
Kuncinya bukan luangkan waktu Moms, kalau meluangkan waktu disaat ada urusan lain maka akan gampang tergoyahkan. Tetapi kalau menyediakan waktu, berarti berkomitmen untuk menyediakan waktu bersama-sama bareng keluarga. Nah, disaatseperti ini sebisa mungkin hindari gangguan dari pekerjaan atau gangguan lainnya. Telepon dan internet yang gak terlalu penting ditinggalin dulu, pergi bareng teman-teman ditunda dulu, pokoknya khusus deh berikan waktu untuk menciptakan kebersamaan di keluarga.
2. Nonton bareng
Kalau Mommy masih belum punya si kecil atau memang sedang kembali berkencan berdua seru-seru saja untuk nonton bareng keluar. Pilih film yang disukai oleh Mommy dan suami sehingga kedua-duanya bisa menikmati. Jadwalin juga nonton bareng si kecil. Tentunya film yang sesuatu dengan umur si kecil. Tergantung usia si kecil, kalau memang si kecil belum bisa untuk berkonsentrasi panjang sampai film selesai tidak perlu dipaksakan Moms. Selingi dengan canda, cemilan ringan bersama si kecil. Nikmati waktu bersama-sama.
3. Rekreasi bareng
Rencanakan liburan seru dan asyik bareng keluarga. Kalau ada waktu untuk liburan panjang ada baiknya pergi ke tempat rekreasi yang jauh tapi menenangkan. Tentunya dilengkapi dengan sarana untuk si kecil bermain. Diskusikan bareng-bareng supaya semua tahu kemana akan pergi dan semua setuju. Liburan singkat seperti weekend juga bisa dimanfaatkan untuk rekreasi bareng. Ke tempat-tempat yang mudah dijangkau dan jangan lupa cenderungkan rekreasi alam untuk mengenalkan si kecil pada alam dan dunia binatang atau tumbuhan sejak kecil.
Satu hal yang perlu dicermati, terkadang memang terjadi hal-hal kecil yang membuat Mommy atau suami tidak sabaran dengan si kecil saat liburan. Lebih baik berusaha mengendalikan emosi, alihkan ke hal-hal yang lebih menarik namun tetap menunjukkan disiplin pada si kecil. Tapi jangan sampai emosi berlebihan akhirnya menggagalkan rencana untuk bersenang-senang bareng keluarga.
4. Menciptakan moment istimewa di hari-hari istimewa
Hari ulang tahun anggota keluarga, hari anniversay, hari ibu, atau hari-hari yang lain. Kebersamaan yang istimewa tidak melulu berbicara tentang hadiah-hadiah yang istimewa. Cari tahu kesukaan si kecil atau suami, berikan kejutan dan tunjukkan kasih sayang yang tulus. Bukan hanya karena sebuah kebiasaan untuk merayakan hari-hari istimewa tetapi suatu ungkapan kasih yang tulus untuk menunjukkan kasih sayang kepada seluruh anggota keluarga.
5. Beribadah bersama
Ini hal yang terpenting Moms. Apalagi di moment bulan Ramadhan seperti saat ini. Beribadah bersama bareng-bareng sekeluarga akan menciptakan hubungan batin yang baik. Menciptakan ketenangan dan kedamaian, sekaligus melatih dan mengenalkan si kecil tentang pendidikan agama sejak kecil. Sholat bersama-sama di rumah, berdoa atau bergereja sekeluarga, pergi ke pure berbarengan, atau ke acara-acara keagamaan yang lain bersama-sama sekeluarga akan menjadi moment kebersamaan yang indah dan tak tergantikan.
Sebuah pelukan hangat tidak bisa diberikan tanpa sebuah kehadiran. Sebuah senyuman bisa ditunjukkan lewat sebuah foto, namun pancaran mata bersinar yang penuh kasih sayang tidak akan bisa tersampaikan. Sebuah video dapat menunjukkan kebahagiaan, tetapi tangan tidak dapat menjangkaunya dan merengkuhnya dalam pangkuan Mommy. Sebuah kehadiran disertai rasa sayang yang tulus membuat sebuah kebersamaan sangatlah berarti.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Dofollow dan di mohon Berkomentarlah yang sopan supaya tidak menjadi Spam, Terima kasih.

PLEASE COMMENT YANG SOPAN

DAFTAR ISI BLOG INI